Google

YUUUUUKKK BELAJAR BARENG

MEDIA PEMBELAJARAN BERSAMA


yukkkkkkk SINAU!!!!

Thursday, July 3, 2008

ISTILAH DALAM GOOGLE ADSENSE

Publisher
Publisher, yaitu mereka sebagai pemilik situs yang bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.

AdSense for Content
AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut (konsep kontekstual). Ad Units dan Link Units termasuk dalam AdSense for Content ini.

Ad Units
Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. tersedia dalam beberapa jenis dan ukuran. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka publisher mendapatkan bayaran sesuai dengan nilai CPC-nya.

Link Units
Mirip dengan Ad Units, yang berbeda adalah pada saat pengunjung meng-klik Link Unit ini, ia akan masuk pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.


Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya mungkin karena stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan isi situs. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

Channels
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Pada laporan Google AdSense, hasil laporan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Tapi dapat saja memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200.

Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 100kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 10% (10:100).

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang didapatoleh publisher bila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda, ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan. Contoh, publisher yang menghasilkan $ 500 dari 100.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $5 ($ 500 dibagi 100).

Aturan dalam program AdSense
Google menerapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense.

Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta AdSense adalah:

Mengklik iklan yang ditampilkan di situs sendiri (baik manual/elektronik-perangkat lunak khusus)
sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan kata kunci tertentu
Memanipulasi target iklan dengan kata kunci tersembunyi atau dengan IFRAME

Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
1. Modifikasi warna unit iklan menggunakan warna-warna yang disediakan AdSense.
2. Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki peluang tinggi.
3. meniadakan border/kotak unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman.

No comments: